Wisata Alam Wisata Pantai Wisata Sejarah

7 Tempat Wisata Terindah di Yordania

Melalui masalah dan konflik yang sedang berlangsung dari Musim Semi Arab yang terjadi di negara tetangga Mesir dan Suriah, Yordania masih menikmati lingkungan yang stabil dan damai yang patut ditiru di wilayah tersebut. Ini juga merupakan tujuan wisata utama di Timur Tengah, menawarkan keajaiban alam yang unik, lanskap gurun yang tak tersentuh, dan situs arkeologi yang mengesankan, yang beberapa di antaranya diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Berikut adalah tujuh sorotan paling mengesankan di negara ini.

Petra

Selalu dikenal oleh orang Bedouin lokal, dan pertama kali dideskripsikan oleh orang Barat pada tahun 1800-an, arsitektur batu-potong Petra yang geologis dan rumit telah menjadikan situs ini sebagai simbol nasional negara dan pesaing yang jelas bagi daftar Wonders of the World. Kota itu, yang sekarang menjadi daya tarik wisata utama Jordan, dulunya adalah ibu kota dari kaum Nabatea kuno, yang terletak di sebuah lembah terpencil dan diukir dari sisi-sisi tembok gunung yang berwarna merah. Setelah berjalan melalui ngarai sempit, sekitar 1 km panjangnya, bebatuan memberi jalan pada pembukaan yang mengungkapkan daya tarik terbesar di sini, fasad Perbendaharaan, atau Al Kazneh. Melewati banyak makam, amfiteater, dan berjalan menanjak yang curam adalah fasad yang sama-sama mengesankan, Biara, yang bertengger di atas situs.

Wadi Rum

Wadi Rum: lanskap gurun merah yang mengesankan, kaya akan formasi batuan, yang lebih sering ditemukan di layar lebar, mungkin paling terkenal sebagai latar belakang romantis dari epik Lawrence of Arabia karya David Lean. Tidak mengejutkan karena pasir merah yang mencolok, juga merupakan tempat favorit pembuat film untuk meniru permukaan di planet Mars. Wadi Rum, juga dikenal sebagai Lembah Bulan, adalah keajaiban alam murni yang dilacak oleh jutaan tahun perubahan kondisi cuaca dan erosi. Sunset di sini sangat berwarna-warni dan paling dinikmati setelah perjalanan off-road melalui jantung gurun, dan malam dihabiskan di tenda-tenda hitam sebagai tamu Badui semi nomaden.

Jerash

Sekitar 50 km utara ibukota Amman, Jerash adalah rumah bagi reruntuhan kota Romawi kuno Gerasa. Dikelilingi oleh gunung-gunung dan lembah-lembah hijau, reruntuhan ini adalah beberapa reruntuhan yang paling terpelihara di antara koleksi sepuluh kota Romawi di kawasan ini, dan merupakan kesaksian akan skala perencanaan kota Romawi yang bagus dan luar biasa. Di antara tempat-tempat wisata utama adalah Arch Hadrian’s yang monumental (dibangun untuk merayakan kunjungan kaisar sendiri), dua amfiteater, kuil Artemis, dan forum oval yang luas, hampir sepenuhnya dikelilingi oleh tiang-tiang tinggi.

Madaba

Koleksi mosaik era Bizantium dan Omayyad telah meminjamkan kota pasar yang kecil dan beragam budaya ini sebagai yang terkenal dan moniker City of Maps. Yang paling penting adalah Peta Madaba, sebuah mosaik lantai 16m x 5m yang bertempat di Basilika Ortodoks St. George yang menggambarkan peta Tanah Suci tertua yang masih ada dengan Yerusalem sebagai pusatnya. Tempat-tempat wisata utama dieksplorasi dengan berjalan kaki, mudah diakses oleh pengunjung dengan pembukaan Taman Arkeologi.

Laut Mati

Laut Mati adalah daya tarik tersendiri. Berkendara menyusuri lanskap kering ke titik terendah di permukaan bumi, mencapai pantai berkulit garam, dan kemudian perlahan-lahan menuju ke perairan yang sangat apung di Laut adalah pengalaman yang tidak seperti yang lainnya. Terlepas dari sejumlah spa lokal yang berdekatan, menyimpang beberapa kilometer lebih jauh membutuhkan satu ke sejumlah tempat wisata yang layak termasuk Gunung Nebo yang bersejarah untuk menikmati pemandangan yang indah, dan sisa-sisa galian Bethany Beyond the Jordan di Sungai Jordan, yang diyakini sebagai tempat Situs pembaptisan Kristus disebutkan dalam Perjanjian Baru.

Aqaba

Di bagian paling selatan negara ini, kota pelabuhan modern ini menikmati lokasi pantai yang luar biasa dan strategis yang menghadap ke Teluk Aqaba dan dikelilingi oleh barisan bukit-bukit pasir. Meskipun memiliki sejarah yang kaya, termasuk sisa-sisa apa yang mungkin merupakan gereja tertua di dunia, reruntuhan arkeologis di sini kurang mengesankan daripada yang ditemukan di tempat lain di Yordania. Aset utamanya terletak di perairan hangat Laut Merah itu sendiri, dihiasi dengan pantai berpasir dan laut yang kaya akan kehidupan laut dan terumbu karang yang berwarna-warni, menjadikannya resor snorkeling, menyelam, dan olahraga air yang utama.

Umm Qais

Kota Umm Qais, yang terletak di ujung barat laut Yordania dan dekat dengan perbatasan Suriah dan Israel, memiliki reruntuhan kota kuno Gedara di dalam wilayahnya. Kunjungan ke situs lebih dari layak jika Anda melewatkan beberapa lanskap hijau di negara yang umumnya kering ini. Pada sekitar 400 m di atas permukaan laut, pemandangan dari puncak bukit ini membentang ke arah laut Tiberias, dan indah, meskipun secara militer ditempati oleh negara tetangga Israel, Dataran Tinggi Golan di Suriah.