Wisata Sejarah

6 Kuil dan Tempat Suci di Tokyo Wajib Anda Kunjungi

Kuil dan kuil di Tokyo menarik ribuan pengunjung setiap tahun. Sementara banyak yang telah dibangun kembali sejak pendiriannya karena kebakaran, gempa bumi atau perang, mereka masih mempertahankan kemegahan mereka. Berikut ini enam yang terbaik.

Zojoji, Tokyo

San’en-zan Zojoji adalah kuil penting bagi umat Buddha Jodo. Selama Keshogunan Tokugawa, itu adalah situs pemakaman enam mantan shogun, dan hari ini Anda dapat menemukan kuburan-kuburan itu di Mausoleum Taitoku-in atau pemakaman di belakang, dengan dua ditetapkan sebagai Properti Budaya Penting Jepang. Orang tua juga datang ke sini untuk memilih patung di taman untuk didekorasi untuk mengucapkan selamat tinggal dan memudahkan transisi anak mereka ke akhirat. Sementara bisnis dan perusahaan di sekitarnya telah mengklaim kembali sebagian besar properti asli kuil, kuil ini masih mempertahankan banyak dari kejayaan sebelumnya dan patut dikunjungi ketika berada di Tokyo.

Kuil Kanda

Kuil Kanda merah yang ikonik, juga dikenal sebagai Kanda Myojin, telah memainkan peran penting dalam pemujaan Shinto Tokyo sejak Zaman Edo. Kuil ini terletak di pusat kota Chiyoda-ku, dan kami (arwah) yang diabadikan di sini termasuk dua dari Tujuh Dewa Keberuntungan, menjadikan ini tempat yang ideal untuk berdoa bagi kekayaan dan kesuksesan dalam bisnis. Menariknya, karena kedekatannya dengan Akihabara, Kuil Kanda juga menjadi populer di kalangan orang-orang teknologi, yang membeli jimat untuk menangkal kerusakan pada elektronik mereka.

Sensoji, Tokyo

Terletak di lingkungan Asakusa yang bersejarah, tepat di samping Kuil Asakusa yang terkenal, Sensoji adalah kuil tertua dan paling banyak dikunjungi di kota ini dengan pengunjung yang datang dari Jepang dan luar negeri. Jalan setapak menuju kuil ini dipenuhi dengan kios-kios, toko-toko kecil dan pedagang yang menjual barang-barang tradisional dan makanan ringan dan merupakan daerah yang populer di kalangan wisatawan yang ingin berpakaian kimono. Dasar kuil Buddha juga merupakan rumah bagi Chingo-do, Kuil Tanuki. Tanukis adalah anjing rakun Jepang yang dianggap membawa keberuntungan dan melindungi rumah dan bisnis dari kebakaran dan pencurian. Anda dapat mengakses Kuil Tanuki melalui pintu masuk terpisah di Dembo-in-dori.

Kuil Nogi, Kuil Shinto

Pada tahun 1912, Jenderal Nogi Maresuke dan istrinya Shizuko melakukan ritual bunuh diri di tempat ini setelah mengetahui tentang kematian Kaisar Meiji. Keduanya sekarang diabadikan di sini, dan sang jenderal disembah untuk kehormatan dan kemuliaan. Setelah dirancang pada abad ke-20 dan dibangun kembali setelah Perang Dunia II, Kuil Nogi mengingatkan kita bahwa tidak semua tempat suci dan tidak semua harus berusia berabad-abad agar layak disembah.

Baca juga destinasi sejarah pada daftar tempat wisata di Toraja, Sulawesi selatan.

Kuil Yasukuni

Kuil Kekaisaran Yasukuni menghormati jiwa orang-orang yang kehilangan nyawa dalam perang saat berperang untuk Jepang. Sayangnya, peringatan perang kuil telah menjadi sumber kontroversi, terutama di antara negara-negara Asia tetangga, karena banyak dari mereka yang diabadikan dan dihormati di sini terdaftar sebagai penjahat perang Kelas-A. Misalnya, Justin Bieber terpaksa meminta maaf kepada penggemar Cina setelah memposting foto dirinya mengunjungi peringatan kontroversial itu. Meskipun demikian, Kuil Yasukuni menjadi tuan rumah bagi berbagai acara keagamaan dan festival sepanjang tahun, termasuk festival musim semi tahunan dan Festival Mitama, di mana pengunjung datang untuk berdoa kepada kerabat dan teman mereka yang hilang.

Kuil Inokashira Benzaiten

Terletak di antara tanaman hijau subur dan fitur air lansekap Taman Inokashira terletak Kuil Benzaiten, kuil Shinto merah kecil yang diperuntukkan bagi dewi dengan nama yang sama yang merupakan dewa segala sesuatu yang mengalir, termasuk pengetahuan, air, dan musik. Benzaiten, yang diadaptasi dari dewi Hindu yang dikenal sebagai Saraswati, diakui dalam agama Budha dan Shinto. Inokashira juga menjadi tuan rumah bagi Museum Ghibli yang terkenal yang menampilkan animasi Jepang.