Wisata Alam Wisata Sejarah

10 Gua Paling Terkenal di Slovenia

10 Gua Paling Terkenal di Slovenia

Slovenia memiliki banyak gua, beberapa di antaranya lebih terkenal dan beberapa lainnya kurang. Gua-gua Slovenia yang paling terkenal dan dikunjungi adalah Gua Postojna, Pekel, dan Gua Skocjan. Gua-gua lain tidak begitu populer, tetapi tetap saja, mereka indah dan patut dikunjungi.

1. Gua Postojna

Gua Postojna adalah objek wisata paling terkenal di Slovenia. Itu ditemukan di abad ke-17 dan panjangnya lebih dari 20 km. Terowongan akan memikat pengunjung dengan kreasi alam yang paling menakjubkan. Salah satu daya tarik terbesar gua adalah proteus, juga dikenal sebagai “ikan manusia”, yang merupakan satu-satunya gua vertebrata di Eropa.

2. Gua Pekel

Gua Pekel, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti “Hell Cave atau Gua Neraka”. Itu ditemukan pada abad ke-19 dan panjangnya sedikit lebih dari 1 km. Nama “Neraka” diberikan kepadanya, karena pintu masuknya menakutkan dan gelap. Bagian dalam gua dibagi menjadi 2 bagian, bagian atas yang dikenal sebagai daerah “kering” dan bagian bawah, yang merupakan tempat bagi air terjun bawah tanah yang spektakuler.

3. Gua Skocjan

Sistem gua yang merupakan bagian dari situs warisan dunia alam dan budaya UNESCO adalah salah satu sistem gua terbesar di dunia. Permainan alam benar-benar melakukan pekerjaan luar biasa di dunia bawah tanah ini. Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat ngarai bawah tanah, air terjun, lampu alam, dan jembatan. Dunia bawah tanah ini juga dikenal karena banyak temuan arkeologis.

4. Gua Snezna

Gua Snezna adalah Gua Slovenia dengan ketinggian tertinggi. Terletak 1530 meter dan panjang 1 km. Kata “Snezna” berarti “Salju” atau “Terbuat dari Salju” dan bagian dalamnya penuh dengan ciptaan salju dan es, serta stalaktit dan stalagmit. Di salah satu terowongan samping, kerangka beruang gua ditemukan.

5. Gua Socerb

Gua Socerb terletak sekitar 30 meter di bawah desa Socerb dan merupakan satu-satunya gua dengan Gereja. Legenda mengatakan bahwa Trieste martir dan santo St. Socerb tinggal di gua, sampai hukuman mati. Altar Gereja masih sangat terpelihara dengan baik dan Gereja ini adalah satu-satunya Gereja bawah tanah di Slovenia. Gua dengan panjang 213 meter ini adalah tempat perlindungan agama yang terkenal dan populer.

6. Gua Kostanjeviska

Gua Kostanjeviska ditemukan pada tahun 1937 tetapi dibuka untuk umum pada tahun 1971. Panjangnya sekitar 2 km dan menawarkan tur berpemandu bagi pengunjung. Eksterior gua terlihat seperti pemandangan dari dongeng dan interior bahkan lebih menakjubkan dengan bentuk unik yang dirancang oleh alam. Jangan takut mandi, yang merupakan penghuni gua.

7. Vilenica

Vilenica adalah gua karst wisata tertua di Eropa. Panjangnya lebih dari 1 km dan terletak di bagian barat Slovenia. Dinamai peri karena penduduk setempat percaya bahwa peri tinggal di dalamnya. Hingga pertengahan abad ke-19, itu adalah gua yang paling banyak dikunjungi di Slovenia dan dikenal sebagai gua paling indah dan ajaib di negara ini.

8. Gua Divaska

Gua Divaska adalah gua yang relatif muda dan ditemukan pada tahun 1884. Panjangnya sekitar 500 meter dan memiliki kedalaman sekitar 50 meter. Para pengunjung akan berkesempatan melihat stalagmit yang indah, tumpukan, lilin, dan kristal alami yang besar.

9. Gua Babja

Gua Babja adalah sebuah gua kecil yang terletak di bagian tengah Slovenia, dengan sejarah yang menarik. Pada abad ke-15, itu digunakan sebagai tempat perlindungan bagi wanita dan anak-anak selama masa perampasan Osmani. Penelitian gua yang sebenarnya dimulai pada tahun 1968 dan banyak artefak arkeologis dan sisa-sisa ditemukan. Tidak ada tur gua yang dipandu ini dan merupakan medan yang tepat untuk dijelajahi sendiri.

10. Potocka Zijalka

Potocka Zijalka adalah salah satu gua Slovenia yang terletak di ketinggian tinggi. Itu terletak di Utara Slovenia dan pada ketinggian 1.650 meter. Dengan panjang 115m, itu adalah salah satu gua terkecil yang diketahui. Berfungsi sebagai tempat berlindung berburu dan tempat ritual.